Selasa, 22 Juli 2008

Bangunan Setinggi 600 Meter di China




Kantor Gensler, sebuah perusahaan global yang bergerak dalam rancang bangun, di Shanghai, telah terpilih untuk merancang pusat Shanghai dengan bangunan setinggi 600 meter di distrik keuangan Luijiazui yang sekaligus akan menjadi landmark baru di Podong serta menjadi lambang bagi bangunan yang berkesinambungan.

Tim pembangunan gedung yang dipimpin oleh Perusahaan Shanghai Tower & Construction Co., Ltd. telah memilih Gensler melalui kompetisi intensif antara perusahaan rancang bangun lokal dan luar negeri. Insinyur struktur bangunan Thornton Tomasetti, insinyur mekanik dan rekan-rekan Cosentini dan rancang arsitektur serta Institut Penelitian Universitas Tongji sebagai institut rancang bangun lokal. Peletakan batu pertama sebagai awal pembangunan gedung tertinggi dimulai pada Desember 2008 dan selesai pada 2013.

"Ini merupakan kesempatan yang luar biasa dapat merancang bangunan tertinggi di Shanghai dan China," ujar Arthur Gensler, Ketua Gensler. "Bagi Gensler, hal ini sangat berarti sekali mengingat adanya komitmen yang tinggi untuk membangun sebuah bangunan yang dapat diintegrasikan nuansa rancangan bangunan terindah dari China.

Dibangun atas tanah seluas 380,000 meter persegi, bangunan ini dengan sendiri merupakan gedung yang tertinggi di China maupun di dunia. Rancang lingkar mengharmonis serta menyatukan dengan dua bangunan yang sudah ada di dekatnya. Bentuk kaca luar double adalah struktur bangunan segitiga rotasi yang dapat menciptakan kesan bergerak dan dinamis sebagai simbol kesuksesan Kota Shanghai dan munculnya China modern.

Dianggap sebagai kota vertikal, perancangan bangunan ini juga mencakup tiga atria taman pencakar langit, perkantoran, hotel kelas dunia, pertokoan untuk barang ritel dan ruangan serba guna di atas bangunan terdapat bagian observasi, restoran dan tempat hiburan.

Berlokasi dalam taman rakyat dengan ruangan dirancang untuk kegiatan kemasyarakatan dan publik, bangunan ini juga mencakup fasilitas serba guna misalnya untuk kegiatan aneka ragam, hall dan adanya jalur ke Metro bawah tanah.

Perancangan proyek bangunan ini akan digabung dengan teknologi rancang bangun terkini termasuk juga teknologi luar bangunan yang cukup inovatif, pembangkit tenaga listrik dan panas, sistem dinding lapis double dan turbin listrik tenaga angin sebagai sumber listrik untuk bangunan tersebut. Proyek ini akan mencoba mendapatkan sertifikasi sebagai proyek utama bagi Dewan Bangunan Asri Penghijauan China (yang berkaitan dengan asosiasi USGBC).

Gensler adalah perusahaan global dalam bidang konsultasi strategis, perencanaan dan perancangan bangunan yang memiliki pegawai lebih dari 3000 para profesional dan terdapat di 30 kantornya di lima benua. Di China, Gensler memiliki staf lebih dari 70 profesional dengan 75 juta kaki persegi bangunan yang sedang dan sudah dibangun.

Kapan Indonesia yach..???

Tidak ada komentar: